Macam-macam Usaha Budidaya Ikan

Hai blogger, pada saat ini pemasok ikan tawar belum banyak di Indonesia, padahal permintaan pasar untuk ikan tawar sangat meningkat. Ini bisa dijadikan peluang usaha budidaya ikan tawar untuk anda. Jika ingin memulai usaha budidaya ikan namun masih bingung mau membudidaya ikan jenis apa, nah disini saya akan memberikan beberapa macam-macam usaha budidaya ikan yang cocok di Indonesia.

1. Budidaya Ikan Gurame
Ikan gurame adalah salah satu prospek usaha budidaya ikan air tawar yang menjanjikan. Banyak penggemar ikan yang menyukai ikan gurame, bahkan hingga ada juga masyarakat yang fanatik akan kuliner ikan ini sebab citarasa kelezatannya.


Dengan karakteristik iklim yang dimiliki di Indonesia menjadikan budidaya ikan gurame sangat sesuai. Kelebihan lainnya dalam usaha budidaya ikan gurame adalah sarana untuk membudidayakannya juga terbilang praktis dengan biaya modal yang tidak terlalu tinggi.

2. Budidaya Ikan Mas
Salah satu ikan favorit yang paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia adalah ikan mas, permintaan ikan mas ini terus meningkat karena citarasanya yang banyak di suka serta harga jualnya yang terbilang terjangkau.


Sekarang ini berbagai aneka olahannya banyak bermunculan, membuatnya semakin mendongkrak popularitas ikan mas di mata masyarakat.
Karena masa panennya yang terbilang singkat, berkisar hanya selama 4 hingga 5 bulanan, membuat ikan mas ini juga di favoritkan oleh mereka yang membuka budidaya ikan mas. Sehingga membuat perputaran modal dan tentunya keuntungan lebih cepat didapat.

3. Budidaya Ikan Nila
Usaha budidaya ikan berikutnya ada ikan nila yang juga potensial untuk bidang usaha budidaya ikan air tawar sekarang ini. Kelebihannya ikan ini adalah tidak begitu banyak gangguan penyakit pada tubuhnya di banding ikan lain sehingga memudahkan pemeliharaannya. Masa panen terhitung singkat juga menjadi kelebihan ikan ini dibandingkan ikan yang lainnya.

4. Budidaya Ikan Patin
Saat ini kebutuhan ikan patin budidaya terus meningkat. Bahkan, Indonesia masih mengimport ikan patin dari Vietnam untuk konsumsi dalam negeri.


Patin bisa dibesarkan dengan kepadatan 20-30 ekor per meter kubik. Tidak ada patokan ukuran ikan patin siap konsumsi. Sangat tergantung selera pasar masing-masing daerah. Biasanya mereka yang membuat usaha budidaya ikan patin membesarkan ikan patin selama 6 bulan. Ukurannya bisa lebih besar lagi untuk pasar ekspor.

5. Budidaya Ikan Lele
Nah ikan yang satu ini pastinya siapapun mengenalnya yaitu Ikan lele. Berbagai olahan dibuat dengan bahan dasar ikan lele, seperti pecel lele, abon lele, dan lain sebagainya sehingga membuat masyarakat kita mengenal dengan baik jenis ikan ini.


Di sisi pembiayaan modal, usaha budidaya ikan lele ini mempunyai kelebiha yaitu pemeliharaan yang tidak membutuhkan dana besar, karena budidaya ikan lele hanya memanfaatkan kolam dari terpal serta di lakukan di lahan yang tidak terlalu luas juga sudah bisa menguntungkan.
Selain itu, budidaya ikan lele memiliki potensi yang sangat tinggi di sektor budidaya ikan air tawar karena pertumbuhan ikan lele yang cepat serta imunitas tubuh yang kuat.

Sekian beberapa jenis usaha budidaya ikan yang dapat anda coba, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Jika anda ingin mengatahui cara bisnis online terbaik silahkan klik Cara Bisnis Online Terbaik : cara mendapatkan uang dari internet. Baca juga Tips Usaha Sampingan Berjualan Sepatu

1 komentar:

  1. Saya suka tulisan ini , tentang macam macam budidaya ikan terutama Budidaya Ikan Gurame, sukses terus bisnisnya
    Salam kenal yaa Saya distributor salah satu sayur organik yang terkenal di Indonesia dan sangat berhasiat untuk kesehatan yaitu Melilea Greenfield Organic link nya di http://melilea.web.id/melilea-greenfield-organic/

    BalasHapus