Tips Sukses Usaha Ternak Kambing

Saat ini salah satu usaha alternatif untuk para pengusaha adalah ternak kambing. Karena bisnis ternak kambing merupakan permintaan daging di pasar yang semakin terus meningkat setiap harinya. Daging dalam negeri tidak cukup memenuhi permintaan pasar untuk menyuplay daging, sehingga mencari solusi dengan menginpor daging dari luar negeri. Hal seperti ini sangat disayangkan. Dengan melihat banyaknya lahan yang tersedia untuk berternak, ini lebih dari cukup, dan bahkan jika anda dapat mengelola lebih konsisten, negeri ini tidak hanya dapat mencukupi daging untuk masyarakat di Inonesia bahkan dapat mengekspor daging keluar negeri. 

Di Indonesia pengusaha yang terjun ke bidang ternak kambing masih belum banyak. Biasanya petani pedesaan yang mengembang biakan kambing, dan kebanyakan diantara mereka menganggap apa yang mereka lakukan hanya sebagai hobi dan mengisi waktu luang, mereka tidak menganggap ternak kambing sebagai bisnis. Sehingga mereka tidak memiliki target yang akan dicapai, dan sering kali ia berternak hanya untuk dikonsumsi secara pribadi.
Sehingga dari sisi perusahaan atau pengusaha pun masih sedikit yang berternak kambing. Namun Walaupun kabarnya pengusa ternak baru bermunculan, tapi tetap saja tidak dapat memenuhi kebutuhan daging kambing.
Keadaan seperti ini yang menjadi peluang bisnis bagus untuk anda yang ingin serius dalam mengelolanya. Disamping permintaan pasar masih luar biasa banyak, cara untuk merawat ternak kambing juga tergolong mudah, tidak serumit memelihara hewan ternak lainnya.
Untuk anda yang ingin memulai usaha ternak kambing, saya akan memberikan tips sukses usaha ternak kambing berikut ni :

Tips Usaha Ternak Kambing

Pilih bibit
Dalam memilih bibit jangan asal pilih yang penting sehat dan hidup. Selain itu kambing pun memiliki bulu yang bagus dan tidak mengalami kecacatan fisik itu penting. Kambing jantan harus memiliki badan yang tegap dan tidak ada sedikitpun cacat, dan untuk kambing betina jika bisa anda memilih bibit yang sudah pernah melahirkan dan pilihlah kambing betina berbadan ramping.
Kandang


Anda juga harus mengkondisikan tempat tinggal kambing, yaitu harus selalu bersih agar tidak mengganggu pertumbuhan kambing. Sesuai dengan aturan yang ada pada kandang kambing yaitu kandang kambing harus menghadap kearah timur. Kandang kambing harus memiliki wadang tempat pakan yang dapat dijangkau oleh kambing. Buatlah kandang berbentuk rumah panggung, agar kotoran secara otomatis akan jatuh kebawah sehingga kambing tidak cepat kotor karena kotoran kambing tidak berdampak baik untuk kambing itu sendiri.
Masa reproduksi

Biasanya kambing betina melahirkan anaknya pada usia kehamilan kurang lebih enam bulan. Dan dapat dikawinkan kembali setelah satu bulan setelah melahirkan. Jika anda serius untuk merawat kambing dan ingin mendapatkan anak kambing yang banyak, kambing betina akan dapat melahirkan 7 bulan sekali. Untuk kambing anakan akan dapat menjadi dewasa setelah berusia 8 bulan, dan masa kawinnya ini cukup unik, kambing betina mengalami masa birahi hanya kurang dari 30 jam dalam 20 hari jadi waktu ini dapat anda manfaatkan untuk mengawinkan kambing betina dan jantan.
Perawatan


Kambing sama seperti dengan hewan ternak lainnya, kambing pun memerlukan perawatan yang sangat baik agar kambing terus hidup sehat dan dapat memproduksi dengan baik. Ada beberapa penyakit yang sangat sering di hadapi oleh kambing yaitu kembung atau masuk angin dan keracunan makanan, maka dari itu anda harus selalu sigap dan rutin untuk mengelola hewan kambing peliharaannya. Selain perawatan pada kambing, anda juga harus selalu melihat kondisi kandang kambing dengan selalu membersihkan kandang kambing agar kambing bebas dari penyakit dan juga merasa nyaman.


Sekian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai tips sukses usaha ternak kambing, semoga artikel yang saya tulis dapat bermanfaat untuk anda. Jika anda ingin mengetahui tentang bagaimana cara mendapatkan uang dari internet dengan cepat, silahkan kunjungi cara cepat mendapatkan uang dari internet. Baca juga Tips Usaha Budidaya Belut.

1 komentar:

  1. Usaha Les atau Bimbingan Belajar memang cocok sebagai peluang usaha yang cocok dilakukan untuk guru, apalagi di kota kota besar padat penduduk seperti, Jakarta, Bekasi, Bogor, bandung dan surabaya

    Salam kenal Saya distributor susu kedelai organik Melilea
    suka sekali artikel tentang bisnis, dan peluang bisnis

    BalasHapus